Skip to main content

Kekuatan Melalui Kebahagiaan (Sejarah Berdirinya Volkswagen)




PEMERINTAH Jerman yang berada di bawah kendali Adolf Hitler melalui Partai Nazi mendirikan perusahaan mobil milik negara, Gesellschaft zur Vorbereitung des Deutschen Volswagens mbH pada 28 mei 1937.
Kelak, nama itu berganti menjadi Volkswagenwerk (VW) atau ‘The People’s Car Company’ sebelum akhirnya menjadi Volkswagen setelah Perang Dunia II.
Pabrikan otomotif yang awalnya dioperasikan organisasi Nazi, German Labor Front, itu bermarkas di Wolfburg, Jerman.
Ternyata tak hanya berambisi membangun jalan, pemimpin Partai Nazi itu juga ingin mengembangkan dan memproduksi massal sebuah kendaraan cepat dengan harga terjangkau, yaitu US$ 140 atau setara Rp 1,8 juta (dengan US$ 1 senilai Rp 13.564).
Hitler pun memanggil seorang ahli otomotif asal Austria, Ferdinand Porsche (Pendiri Perusahaan Porsche Car) untuk mewujubkan impiannya itu.
Dalam sebuah reli Nazi pada tahun 1938, sang Fuhrer mengumumkan kebanggannya atas didirikannya pabrikan Volkswagen.
“Ini adalah pengumuman, bahwa mobil ini telah dibangun. Tujuannya adalah untuk menjawab transfortasi dan memberikan mereka kebahagiaan,” ujar Hitler dalam pidatonya.
Tak lama setelah Kraft Durch Freude Wagen, julukan terhadap Volkswagen yang  berarti ‘Kekuatan Melalui Kebahagiaan’ dipamerkan untuk pertama kalinya di Berlin Motor Show pada 1939, Perang Dunia pecah dan produksi mobil itu pun dihentikan.
Setelah perang berakhir, menyebabkan pabrik hancur, pihak sekutu berusaha membangun kembali industri otomotif di Jerman.
Di Amerika Serikat, penjualan Volkswagen awalnya berjalan lambat dibanding dengan di sejumlah negara lainnya. Kabarnya, ini terjadi karena mobil pabrikan Jerman itu memiliki ukuran kecil dan bentuk yang tak lazim sehingga asing bagi masyarakat lokal.
Namun pada tahun 1959, agen periklanan Doyle Dane Bernbach meluncurkan sebuah kampanye dubbing mobil ‘Beetle’, kendaraan itu ditampilkan berputar, menonjolkan keuntungan dari bentuk dan ukurannya yang kecil. Kampanye tersebut berhasil, beberapa tahun berikutnya impor VW Ke AS meroket.
Sumber Referensi: Media Kalimantan Bag. Historia Sub Otomotif Hal. C2 Tanggal Terbit 26 Juni 2016.

Comments

Popular posts from this blog

Kode-kode Pada Mesin CNC

G-code, M-code Programing CNC (1) Dalam programing mesin CNC ( Computer Numerically Controlled ) kita mengenal G-code, M-code, dan T-code. Berikut ini sedikit ulasan tentang G-code dan M-code pada mesin cnc. Kode G :menyatakan gerakan Kode M :menyatakan fungsi mesin G-CODE jenis-jenis G-code di kelompokan menjadi 2 kelompok. 1.jenis basic/dasar meliputi: -G00: gerakan cepat tanpa pemakanan benda kerja -->bergerak lurus -G01: gerakan memotong/pemakanan benda kerja -->bergerak lurus -G02: gerakan memotong melingkar searah jarum jam -G03: gerakan memotong melingkar berlawanan arah jarum jam 2. jenis lanjut/siklus meliputi: -gabungan langkah G00 dan G01 yang disedehanakan -G90: sistem kordinat absolut -G91: sistem kordinat incrimental Berikut ini daftar G-code: G00 - Rapid Positioning G01 - Feedrate Positioning G02 - Arc Clockwise G03 - Arc Counterclockwise G04 - Dwell G05 - High Speed Machining G07 - Imanaginary Axis Designation G09 - Exact St...
  Masalah Tekanan Vakum Yang Buruk di Sirkuit Pembuangan Uap Desain turbin uap utama termasuk menangani uap di saluran pembuangan di mana tenaga uap sudah dikonsumsi oleh energi mekanik yang berputar turbin. Uap di saluran pembuangan telah kehilangan energi tekanan, oleh karena itu, perlu motif untuk mengalir. Motifnya terutama dibuat oleh ejektor yang akan mendorong uap buangan ke kondensor, yang biasa disebut oleh kondensor permukaan. Gaya motif kedua adalah kondensasi uap ke air Karena air dan uap memiliki rasio volume 1:1600; Itu berarti uap terkondensasi dengan ukuran 1/1600 kali dari sebelumnya yang menginduksi gaya vakum di dalam sirkuit. Setelah uap terkondensasi, uap akan dikirim untuk perawatan &didaur ulang ke boiler sebagai pakan. Mempertahankan vakum di kondensor turbin uap memungkinkan untuk menghasilkan lebih banyak daya dari turbin dan meningkatkan efisiensi turbin uap hingga 20%. Selain itu, meningkatkan efisiensi perpindahan panas di kondensor karena udara aka...

DIAGRAM PADA PROSES PNEUMATIK

1. Direct Actuation untuk Single Acting Cylinder   Apabila katup 3/2 NC dengan pushbutton ditekan, maka single acting cylinder akan maju. Dan apabila pushbutton dilepas, silinder akan mundur. 2. Indirect Actuation untuk Single Acting Cylinder   Cara kerjanya sama seperti latihan pertama. Yang membedakan adalah pada latihan 1 pushbutton langsung digunakan untuk memajukan single acting cylinder, sedangkan untuk latihan yang kedua, pushbutton hanya memberi sinyal pada katup 3/2 NC single pilot agar slinder maju. 3. Direct Actuation untuk Double Acting Cylinder Apabila pushbutton 1 ditekan, maka silinder maju dan apabila pushbutton 2 ditekan silinder mundur. 4. Indirect Actuation untuk Double Acting Cylinder Cara kerja hampir sama dengan latihan sebelumnya...... Yang membedakan adalah pushbutton 1 digunakan untuk memberi sinyal agar silinder maju dan pushbutton 2 digunakan untuk m...